Satwa-satwa unik yang mengagumkan

1. Uakari

UakariUakari adalah spesies monyet kecil, habitat asli hutan hujan tropis Amerika Selatan, di mana mereka cenderung ditemukan di hutan lembab yang dekat dengan air. Uakari paling terkenal dengan wajah polos yang umum nya berwarna merah muda atau merah tua. Ada empat spesies yangimage berbeda dari Uakari, yaitu Uakari Merah (Botak), Uakari Black-Headed, Uakari Ayres Hitam dan Uakari Neblina, yang semuanya sangat mirip dalam penampilan tetapi agak berbeda dalam warna bulu dan habitat. Nama Uakari sebenarnya diucapkan “wakari”, dan nama ilmiah nya diduga berasal dari bahasa pribumi.

Uakari adalah primata berukuran kecil yang tumbuh dengan panjang rata-rata 45cm, dan berat sekitar 3kg. Ekor Uakari relatif sangat pendek jika dibandingkan dengan ukuran tubuh nya, dan khususnya lebih kecil dibandingkan dengan spesies monyet Amerika Selatan lainnya. Bulu yang menutupi tubuh Uakari adalah panjang dan kasar dan cenderung bervariasi dalam warna, dari merah, coklat, hitam, putih, tergantung pada spesies. Wajah berbulu dari Uakari adalah fitur yang paling khas, merah tua (meskipun biasanya berkisar dari merah muda menjadi merah, dan bisa pucat atau bahkan hitam dalam beberapa spesies). Tangan dan kaki mereka yang kuat dan lincah dengan ibu jari saling berlawanan memungkinkan Uakari untuk memegang buah dan cabang-cabang pohon.

imageTidak seperti kebanyakan spesies monyet lain, Uakari tidak menggunakan ekor pendek nya untuk menggantung di pohon atau membantu ketika melompat, meskipun masih berguna untuk keseimbangan. Mereka menghabiskan banyak waktu di kanopi yang tinggi dan melompat dari pohon ke pohon hanya dengan menggunakan tangan dan kaki yang kuat. Uakari tinggal di lingkungan yang biasanya terdiri dari 10 hingga 30 anggota (meskipun mereka bisa sampai 100). Meskipun mereka menghabiskan banyak waktu bersama-sama di pohon-pohon, ketika mencari makanan, pasukan Uakari memecah menjadi kelompok-kelompok kecil.

imageUakari cenderung untuk berkembang biak antara bulan Oktober dan Mei, ketika betina melepaskan aroma yang menarik untuk menarik pasangan. Setelah kawin, betina Uakari melahirkan bayi tunggal, tapi dia bisa melakukannya setiap dua tahun. Bayi Uakari adalah sangat kecil dan rentan pada saat lahir, menempel pada induk mereka selama beberapa bulan pertama, dan hanya dberi susu. Mereka disapih pada usia rata-rata empat bulan ketika mereka mulai mencari makanan buah-buahan lembut dan polong. Uakari cenderung hidup selama sekitar 20 tahun di alam liar, namun tingkat pertumbuhan populasi tidak terlalu cepat karena betina tidak bisa berkembang biak sampai mereka berusia tiga tahun, dan jantan ketika mereka berusia enam tahun.

imageSeperti kebanyakan primata lain, Uakari memiliki diet omnivora dan, mereka mengkonsumsi bahan tanaman dan hewan-hewan kecil. Meskipun demikian, para Uakari biasa nya makan buah dari pohon-pohon di sekitarnya, bersama dengan daun dan Serangga untuk melengkapi diet mereka. Uakari mendapat makanan dari kanopi yang tinggi tetapi akan mencari makan di hutan untuk benih, akar dan Kadal ketika makanan mulai langka di pohon-pohon. Karena sebagian besar diet berbasis buah-, Uakari memainkan peranan penting dalam eko-sistem asli melalui penyebaran benih di seluruh hutan.

Hidup di kanopi hutan yang tinggi, dan menempati daerah-daerah dalam kelompok yang kadang-kadang berjumlah cukup besar, Uakari memiliki beberapa predator dengan ancaman terbesar yaitu Ular dan Monyet yang lebih besar. Namun, ancaman terbesar Uakari adalah mereka telah diburu untuk makanan oleh orang-orang pribumi melalui banyak rentang alami mereka. Hutan hujan habitat dari Uakari juga terancam akibat tingginya tingkat penebangan untuk industri kayu di seluruh Basin Amazon.

Meskipun tidak memiliki ekor yang sangat panjang – yang bagi spesies monyet lain nya merupakan kopling untuk meloncat -, kaki belakang yang kuat dari Uakari memungkinkan mereka untuk dapat melompati jarak yang mengejutkan. Melompat-lompat di antara cabang, Uakari bisa melompat hingga 20 meter dari pohon ke pohon. Wajah polos dan berwarna dari Uakari adalah fitur yang paling khas. Teori dari alasan kawin adalah untuk dapat melihat satu sama lain di hutan, tapi satu hal yang pasti, yang adalah kenyataan bahwa wajah yang sakit menjadi pucat dan warna kulit benar-benar bertindak sebagai indikasi kesehatan hewan. Uakari yang disimpan di penangkaran, juga lebih pucat dari mereka berada di alam liar.

imageSuku asli yang mendiami hutan Amazon dan Uakari telah saling mengenal. Sampai saat ini, Uakari, oleh banyak orang pribumi dianggap sebagai sumber makanan, dan mereka telah diburu oleh mereka terutama menggunakan panah beracun. Banyak juga yang ditangkap oleh masyarakat setempat untuk disimpan sebagai hewan peliharaan rumah tangga atau bahkan dijual. Uakari kini juga terancam oleh Manusia, terutama dari deforestasi baik untuk alasan komersial atau untuk memperluas pemukiman yang terus tumbuh. Pembalakan hutan Amazon, yang berarti bahwa banyak spesies asli (dan orang-orang) kehilangan rumah mereka.

 2. Jerboa

imageJerboa seolah-olah diciptakan berbeda dengan hewan lain, tetapi tetap luar biasa karena mampu beradaptasi dengan lingkungan yang keras seperti gurun Gobi dan gurun Sahara. Jerboa adalah anggota dalam Dipodinae, atau “tikus yang melompat,”yang menyebar di beberapa genera yang berbeda. Jerboa memiliki lebih dari dua lusin spesies, lebih dari 20 ada di Asia.

imageRentang jerboa meluas dari Asia barat ke arah barat daya di seluruh Afrika Utara. Dengan habitat daerah berpasir kering seperti Gurun Gobi, di mana suhu bisa jatuh ke mendekati nol selama musim dingin, dan Gurun Sahara, di mana suhu akan naik menjadi lebih dari 130 derajat Fahrenheit di musim panas. Mencari makan terutama pada malam hari, makanan jerboa adalah tanaman, biji-bijian dan serangga, tergantung pada makanan untuk memenuhi kebutuhan untuk air.

Jerboa adalah hewan nokturnal yang menghabiskan sebagian besar siang hari di bawah permukaan tanah. Jerboa, bagaimanapun, terkenal karena kemampuannya melompat, yang digunakannya untuk melarikan diri predator. Jerboa dapat bergerak 15 sampai 16 mil per jam. Ketika tidak melompat, jerboa dapat berjalan dengan tegak. Sebagaimana hewan soliter, jerboa tinggal sendirian di dalam liang, baik dalam isolasi atau dalam koloni. Menggunakan gigi, hidung dan cakar, untuk menggali liang terowongan yang digunakan untuk melarikan diri dari predator atau untuk perlindungan dari suhu ekstrim. Merka menggali terowongan yang rumit dan permanen, dengan kedalaman mencapai lima sampai delapan kaki, terdapat pintu masuk serta ruang untuk hibernasi, penyimpanan makanan dan tempat bersarang. Jerboa menggunakan tanah untuk menutup pintu masuk, membentuk penyamaran  liang, mempertahankan suhu internal yang mengandung uap air. Menurut People’s Trust for Environments, spesies jerboa yang hidup di lingkungan padang pasir yang dingin seperti Gobi mengalami hibernasi selama musim dingin, dan pada saat itu mereka bertahan hidup dengan mengandalkan lemak tubuh. Spesies jerboa yang hidup di lingkungan padang pasir yang panas seperti Sahara tinggal di liang mereka, dalam keadaan mati suri, mereka melewati musim panas.

imageJerboa memiliki perilaku perkawinan yang misterius, tetapi betina melahirkan dua atau tiga kali setiap tahun. Betina melahirkan 2-6 – biasanya tiga – bayi jerboa, setelah kehamilan yang relatif panjang. Dibandingkan dengan tikus lain, jerboa yang baru lahir berkembang relatif lebih lamban. “… Kaki belakang mereka tidak berkembang sampai mereka berusia 8 minggu,” menurut People’s Trust for Environments. “Mereka tidak bisa melompat sampai mereka berusia 11 minggu. Jerboa yang matang secara seksual berusia 14 minggu.” Setelah jerboa muda meninggalkan sarang mereka mungkin hidup di alam liar hingga 6 tahun.

Jerboa tampaknya menghadapi masa depan yang tidak pasti. Seperti biasa, hewan menghadapi sejumlah predator, terutama yang makan di malam hari. Termasuk, misalnya, burung hantu, ular, rubah, serigala, dan di daerah-daerah penduduk, kucing rumah. Ancaman jangka panjang yang lebih besar, tampaknya akan membuat mereka kehilangan habitat, adalah yang ditimbulkan oleh manusia. Beberapa spesies jerboa – misalnya, jerboa pygmy lima jari (Cardiocranius paradoksus) dan jerboa kerdil ekor tebal (Salpingotus crassicauda) – saat ini dianggap terancam punah. Spesies lain – misalnya, jerboa bertelinga panjang (Euchoreutes naso), dari Gurun Gobi, dan jerboa Mesir (Jaculus jaculus), Afrika Utara dan Semenanjung Arab – dicantumkan dalam daftar spesies yang terancam di Uni Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam. Beberapa spesies, misalnya, jerboa bertelinga panjang, telah direkomendasikan untuk penelitian lebih lanjut oleh organisasi lingkungan internasional.

3. Mara Patagonian

imageDengan telinga panjang mirip kelinci dan tubuh menyerupai rusa kecil, mara Patagonian (Dolichotis patagonum) adalah jelas bukan hewan pengerat biasa. Bagian atas tubuh nya berwarna abu-abu kecoklatan, dengan warna gelap pada pantat. Hewan ini juga memiliki kaki belakang yang kuat dengan kuku yan berbentuk cakar.  Anggota tubuh depan lebih pendek, dengan empat cakar tajam yang membantu spesies ini untuk menggali liang sebagai tempat perlindungan.

 Sesuai dengan penampilan aneh nya, mara Patagonian menampilkan ciri-ciri perilaku yang sangat tidak biasa di antara hewan pengerat. Aktif di siang hari, spesies ini menghabiskan waktu yang lama berjemur di bawah sinar matahari, dengan bertumpu pada paha atau dengan kaki depannya terlipat di bawah tubuhnya seperti kucing. Tetap waspada terhadap predator, bagaimanapun, dan ketika terancam, mereka melarikan diri dengan berlari atau stotting, bentuk kecepatan tinggi bergerak dengan memanfaatkan daya pantul yang cepat dengan menggunakan keempat anggota badan sekaligus. Anehnya, spesies kecil ini dapat mencapai kecepatan 45 kilometer per jam untuk menempuh jarak lebih dari satu kilometer. Mara Patagonian mengkonsumsi berbagai vegetasi, biasanya makan di rumput atau semak di siang hari dan berlindung di sebuah liang yang ditinggalkan dari spesies lain, atau di antara vegetasi yang lebat di malam hari.

imageMungkin fitur yang paling tidak biasa dari spesies ini adalah perilaku sosial dan reproduksinya. Mara Patagonian menganut pola monogami (sifat yang langka pada mamalia), membentuk pasangan seumur hidup yang umumnya menghindari kontak dengan individu sejenis. Para Mara Patagonian betina menggali liang, di mana yang lebih muda sering dipelihara secara komunal. Setelah periode kehamilan 90 hari, betina melahirkan, biasanya dua ekor, dekat dengan pintu masuk liang. Kaum muda, yang lahir berkembang dengan baik, dengan mata yang sudah terbuka, dengan cepat pindah ke liang, yang mungkin dihuni oleh keturunan beberapa pasangan lainnya. Kaum muda tetap berada di sekitar liang selama empat bulan ke depan, di mana mereka dikunjungi setiap hari oleh induk untuk menyusui. Ketika pasangan mengunjungi liang, betina membuat panggilan melengking, yang membawa semua bayi Mara Patagonian yang berada dalam liang ke permukaan tanah. Betina kemudian mencoba untuk membedakan keturunan sendiri dalam kelompok dengan bau, sambil mengusir bayi-bayi dari pasangan lain mengejar, yang mencoba, dan kadang-kadang berhasil, dalam memperoleh susu betina. Setelah diidentifikasi, betina memberi makan kepada keturunan nya, sedangkan jantan dewasa terus mengawasi, dan mengusir pasangan lain yang mencoba mendekat. Oleh karena itu, pasangan lain harus menunggu sampai pasangan sebelumnya telah pergi, sebelum mengunjungi liang. Perilaku komunal ini diperkirakan untuk membantu mengurangi predasi, karena itu berarti bahwa Mara Patagonian dewasa lebih sering hadir di sekitar liang.

imageMara Patagonian merupakan endemik di Argentina, di mana mereka menyebar secara luas. Dua subspesies yang saat ini diakui: Dolichotis patagonum centricola, yang berhabitat di utara dalam propinsi Catamarca, La Rioja, Cordoba dan Santiago del Estero; dan Dolichotis patagonum patagonum, yang berhabitat dari provinsi Mendoza, timur ke Buenos Aires, dan selatan sejauh Santa Cruz.

Sebagai akibat dari hilangnya habitat, perburuan dan persaingan dengan herbivora yang lebih besar seperti domba dan kelinci Eropa, populasi mara Patagonian sedang mengalami penurunan yang mengkhawatirkan. Di Buenos Aires, berburu untuk kulit dan pembersihan habitat untuk pertanian telah mengakibatkan kepunahan populasi lokal.

 4. Aye-Aye

imageAye-aye ditemukan hanya di pulau Madagaskar. Hewan langka ini mungkin tidak terlihat seperti primata, tetapi mereka berhubungan dengan simpanse, kera, dan manusia.

Aye-aye berwarna coklat gelap atau hitam dan dibedakan dengan ekor tebal yang lebih panjang dari tubuh mereka. Mereka juga memiliki mata yang besar, jari ramping, telinga besar yang sensitif. Aye-aye memiliki cakar pada semua jari tangan dan kaki mereka kecuali jempol kaki, yang memungkinkan mereka untuk menggantung dari cabang-cabang.

imageAye-aye menghabiskan hidup mereka di pohon-pohon hutan hujan dan menghindari turun ke tanah. Mereka aktif di malam hari, dan menghabiskan hari meringkuk di sarang yang berbentuk seperti bola yang terbuat dari daun dan cabang pohon. Sarang ini memiliki lubang masuk tunggal, terletak di dahan pohon besar.

Banyak penduduk asli Madagaskar menganggap aye-aye sebagai pertanda nasib buruk. Untuk alasan ini mereka sering dibunuh jika terlihat. Berburu, ditambah dengan kerusakan habitat, telah membuat aye-aye yang terancam punah. Hari ini mereka dilindungi oleh hukum.

5. Rusa Jambul

imageRusa jambul adalah rusa yang cukup mungil, dinamai rusa jambul karena terdapat seberkas rambut panjang coklat kehitaman yang tumbuh di dahi. Tanduk rusa jambul jantan seperti paku kecil, jarang menonjol keluar dari jambul nya. Tubuhnya berwarna cokelat pada bagia atas, putih di bawah, dengan rambut seperti mantel kasar yang menyelimuti hampir seluruh tulang belakang, yang memberikan penampilan yang agak berbulu. Kepala dan leher berwarna abu-abu, dengan warna putih menyoroti ujung telinga. Bagian bawah ekor juga putih dan terlihat seperti sedang memegang ekornya ketika berjalan. Rusa jambul jantan dan betina memiliki gigi taring yang kuat di bagian atas, dengan gigi taring jantan membentuk gading hingga 2,5 sentimeter panjang nya.

imageRusa jambul jarang terlihat, merea paling aktif pada senja dan fajar, biasanya soliter dan hanya kadang-kadang berjalan berpasangan. Di wilayahnya, yang jantan agresif melindungi betina dari jantan lain, rusa jambul memakan rumput dan vegetasi lainnya, dengan ekor yang hampir selalu memantul di tanah. Jika terganggu, rusa jambul akan melompat, bergerak dengan lincah, seperti kucing yang melompat.

Musim kawin, biasa nya, berlangsung dari bulan September sampai Desember, ketika itu suara rusa jambul dapat lebih sering terdengar. Setelah kehamilan 210 hari, bayi tunggal lahir antara bulan Mei dan Juli. Rusa jambul mencapai kematangan seksual di usia sembilan bulan.

Rusa jambul ada di Cina selatan, Tibet timur dan utara Myanmar. Cephalopus adalah subspesies, yan berhabitat dari utara-timur Myanmar ke selatan-barat Cina. Ichangensis berada di tengah-selatan China dan utara-timur Myanmar dan michianus ada di pesisir timur Cina.

 6. Gerenuk

imageGerenuk (Litocranius walleri), juga disebut kijang Waller, merupakan kijang dengan leher terpanjang (Antilopini, keluarga Bovidae), kijang ini adalah kijang penjelajah dari semak duri kering dataran rendah di Tanduk Afrika.

Tinggi bahu gerenuk adalah 80-105 cm (31-41 inci), dan berat 28-52 kg (62-114 pounds). Memiliki warna two-tone, dengan punggung berwarna coklat kemerahan. Hamster nya, Patch pantat, ekor, Patch tenggorokan, dagu, cincin mata, dan bibir semua berwarna putih. Hanya jantan yang memiliki tanduk, yang berbentuk S, berat dengan panjang 32-44 cm (13-17 inci). Tungkai leher memanjang (gerenuk berarti “jerapah berleher” di Somalia) dan moncong runcing yang berguna untuk memilih daun kecil di semak dan pohon berduri-termasuk dedaunan yang terlalu tinggi untuk jenis antelop lainnya, yang mana gerenuk mencapai dengan berdiri bertopang pada kaki belakang. Modifikasi vertebra lumbalis, kaki belakang yang kuat, dan kuku berbentuk baji membuat gerenuk menjadi kijang yang dapat berdiri dengan kaki belakang. Diet yang diperkaya dengan kelembaban, gerenuk mampu mengeksploitasi sumber daya yang tidak dapat diakses herbivora lain nya. Degradasi padang rumput karena kekeringan dan penggembalaan ternak dalam negeri telah menyebabkan semak duri semakin banyak, yang menciptakan habitat lebih untuk gerenuk dan mengkompensasi sampai batas tertentu untuk kliring, budidaya, dan diburu.

Gerenuk kurang bersosialisasi dibanding kebanyakan rusa lainnya, perilaku yang konsisten dengan preferensi yang semiclosed habitat dan populasi rendah dengan density-rata keseluruhan 0,05 per km persegi (0,13 per mil persegi) tapi 0,5 per km persegi (1,3 per mil persegi) di mana, seperti di negara, yang banyak tumbuh semak kering dari Kenya utara hingga Somalia. Mereka biasa nya tampak sendirian, dan itu adalah salah satu ciri khas.

imageGerenuk adalah hewan pemalu yang mana garis pertahanan pertama ketika terganggu adalah, untuk menghindari deteksi, berdiri tak bergerak di bawah tumbuhan penutup.

Dua atau tiga betina, dengan atau tanpa keturunan, dapat ditemukan bersama-sama, satu-satunya hubungan konstan hanya antara ibu dan anak. Sebelum menjadi teritorial sebagai jantan dewasa, Gerenuk jantan berkumpul dalam jumlah 2-3 ekor, dan diberi kesempatan, akan merayu betina dewasa. Setiap jantan menguasai wilayah seluas 0,7 km persegi dan mungkin tidak memiliki batas-batas umum dengan tetangga terdekat mereka; gerenuk jantan memagar betis suatu area aktivitas yang lebih kecil dengan sekresi dari kelenjar tarlike preorbital mereka.

imageMeskipun sebagian besar kelahiran terjadi selama musim hujan, gerenuk dapat melahirkan sepanjang tahun, yang mana induk biasanya hamil lagi dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Kehamilan adalah sekitar tujuh bulan, dan bayi gerenuk tetap tersembunyi selama beberapa minggu.

7. Zebra Duiker

Zebra duiker memiliki tubuh yang berwarna keemasan atau coklat kemerahan yang mencolok dari bahu ke pantat dengan 12-16 garis-garis lintang berwarna hitam (atau coklat gelap). Pola striping (jumlah garis-garis, tingkat lonjong, dan pengaturan) setiap individu berbeda dengan yang lain nya. Bahu dan kaki bagian bawah lebih gelap daripada bagian tubuh, dan warna kehitaman mengelilingi kaki bagian atas (depan dan belakang). Sisi bawah pucat. Ekor rufous dan tidak memiliki garis-garis. Warna wajah  coklat berangan secara keseluruhan; tidak ada tanda-tanda khas, tapi moncong berwarna hitam dan rahang bawah keputihan. Tanduk pendek, halus, kerucut tajam pada jantan dengan panjang 4-5 cm dan betina 2-3 cm.

imageZebra Duiker berkembang biak sepanjang tahun, betina dapat hamil tak lama setelah melahirkan. Betina menyembunyikan bayi mereka untuk 2-3 minggu pertama setelah lahir, meninggalkan bayi tersimpan di vegetasi padat dan mengunjungi mereka, rata-rata, empat kali sehari selama menyusui. Zebra duiker muda memiliki warna kebiruan untuk melapisi dan garis-garis yang sangat rapat. Dimulai pada usia dua bulan, tubuh mereka secara bertahap berubah menjadi warna emas.

Zebra duiker adalah spesies diurnal, tetapi pemalu dan jarang terlihat di alam liar. Spesies ini sangat menjaga teritorial mereka, tak jarang perkelahian sesama spesies terjadi hanya karena masalah ini. Pada masa kawin, zebra duiker mengeluarkan suara mendengus. Zebra duiker sangat tergantung pada hutan hujan, dan dengan demikian mereka adalah salah satu spesies pertama yang terancam akibat penebangan hutan. Perkiraan populasi baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya 15.000 ekor yang masih bertahan hidup di alam liar.

Sumber :

http://www.nationalgeographic.com

http://www.a-z-animals.com

http://www.desertusa.com

http://www.arkive.org

http://www.britannica.com

http://www.ultimateungulate.com


Leave a comment